Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Ikan Tidur dengan Mata Terbuka

Ikan butuh tidur nggak sih? Atau, kita ganti aja pertanyaannya. Apakah ikan bisa tidur? 

Pertanyaan yang seperti itulah yang terkadang menghantui pikiran kita. Dan jujur, pertanyaan seperti itu juga yang menghantui pikiran saya. Saking penasarannya, hingga saya melakukan suatu penelitian terhadap ikan cupang yang saya pelihara. Kejadian ini berlangsung saat saya masih duduk di bangku SD. Ketika malam hari, saya terbangun dari tidur. Lalu, saya menengok ke toples kecil berisi ikan cupang peliharaan saya. Saya hanya ingin melihat cupang merem.Tapi hasilnya nihil, berkali-kali saya melakukan itu dengan melihat kearah toples tetap saja si cupang melek. Hingga pada akhirnya saya menyerah, dan memberikan kesimpulan bahwa ikan tidak pernah tidur. 

Kejadian itu berlangsung sangat lama, dan berhasil membuat saya tersenyum kecil ketika mengingat-ingat hal itu. Kini, pertanyaan konyol itu bisa saya jawab. Tentunya bukan lagi menggunakan pikiran bocah SD. Dan disini saya akan membahas tentang tidurnya ikan. 
Oke .. Cekidotttt !!! 

Ikan Tidur dengan Mata Terbuka
Tidur. Sebelumnya pengertian tidur itu apa sih ? Menurut Wikipedia "Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang." Dalam keadaan istirahat, biasanya kita sebagai manusia diam atau tidak bergerak dalam suatu posisi (duduk atau berbaring), dan seseorang baru dikatakan tidur ketika telah menutup mata, ‘yaa terkadang dengan mulut sedikit menganga ditambah ngorok’. Nah, lalu kenapa kita tidak pernah melihat ikan merem? Apakah itu berarti ikan tidak tidur ? 

Pada dasarnya, tidur bertujuan untuk mengchare tubuh untuk memulihkan stamina dan energy. Ikan dengan kegiatan berenang-renangnya pasti menghabiskan banyak energy. Kebayang nggak sih gimana capeknya ikan kalo nggak bisa tidur. So, ikan juga bisa tidur. Akan tetapi, cara mereka tidur berbeda dengan cara tidur kita. Kalau kita biasanya tertidur dengan mata tertutup, nah kalo ikan tidurnya dengan mata terbuka. Kenapa ? Karena sebagian ikan tidak memiliki kelopak mata. Karena tidak memiliki kelopak mata itulah yang menyebabkan si ikan tidak bisa menutup matanya. 

Lalu, kapan ikan tertidur ? 

Seperti halnya manusia, tidur membutuhkan tempat yang nyaman dan waktu yang tepat. Ada ikan yang tidur pada malam hari, ada pula yang tidur pada siang hari. Ikan dapat tidur dengan cara berdiam diri di dasar kolam. Coba deh perhatikan ikan di akuarium, kalau si ikan terlihat diam dan tidak bergerak nah bisa dipastikan dia sedang tertidur dengan mata yang terbuka. Selain itu, ada pula ikan yang tidur dengan melayang-layang dalam air, ada yang sambil sembunyi-sembunyi (di terumbu karang misalnya), ada yang dengan menyamarkan diri, ada pula ikan yang tidur dengan melambatkan aktivitasnya.

Postingan terkait:

28 Tanggapan untuk "Ikan Tidur dengan Mata Terbuka"

  1. hahaa gitu ya kalo ikan sdang tidur,, mantap mantap akang jadi tau,,

    ReplyDelete
  2. oooo ikan tidur saat berdiam diri di dasar kolam ane baru tau tuh gan serius. thanks yah udah share

    ReplyDelete
  3. ane baru tau gan , tak kira ikan tidur berbaring di dasar kolam terus pake slimut hehhee.

    ReplyDelete
  4. masak sih? saya baru tahu lho gan kalo ikan itu juga tidur

    balas

    ReplyDelete
  5. bagaimana cara tidurnya ya gan?
    kan ikan selalu berenang?

    ReplyDelete
  6. hahaha, baru tau kalau ada ikan tidur :P

    ReplyDelete
  7. pantes ikanku matanya terbuka aja

    ReplyDelete
  8. ikan gak bisa merem kan matanya.... ikan tidurnya melek.. hehee...

    ReplyDelete
  9. hhaha ikannya keren,, kalok tidur matanya melek

    ReplyDelete
  10. njirrr..baru tau gua klo ikan tidur mata terbuka...seandainya manusia kyak gtu..kyak nya keren

    ReplyDelete
  11. Wih aq baru baru ja tau ini . Kalau aku tidurnya gempa aja gx tau 😑

    ReplyDelete
  12. ikan di kolam saya juga kalo tidur malam tuh barengan sama yang empunya ehehe

    ReplyDelete
  13. walah, pantes saja ikan cupang ku gak merem kalau malam hari :v

    ReplyDelete
  14. kita kalah sama ikan :v ikan aja ga nutup mata

    ReplyDelete
  15. Jadi ikan juga bisa tidur ya bg~
    kirain begadang tiap hari, nge-ronda-in temennya ehe~

    ReplyDelete
  16. akhirnya pertanyaan saya sejak kecil terjawab

    ReplyDelete
  17. Pantesan dari dulu ane perhatiin ikan kayanya ga tidur , eh taunya tidur nya tutup mata :v
    Nice inpoh gan

    ReplyDelete
  18. baru tau nih gan. tapi gimana yah tuh kok kgak menutup matanya hehe

    ReplyDelete
  19. Pantesan ikan di aquarium ane melek ajaha

    ReplyDelete
  20. hahahhahaa...ternyata bukan cuma di kampung ane ya ada pertanyaan seperti itu...! ternyata kini jawabannya ada di sini..

    ReplyDelete
  21. Kasian yaa ikan tidur gak tutup mata (?) gimana jadinya kalau pada manusia? pasti gak tidur2 hehehe

    ReplyDelete
  22. itu pertanyaan gue dari dulu, ehh taunya jawabanya ada disini

    ReplyDelete
  23. njir pantes aja kalo mancing di pancing gak mau tu ikan ternyata lagi bobok

    ReplyDelete
  24. smpe skrng msh penasaran msh penasaran,apkah ikan bnr.2 tidur...

    by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
  25. hebat nih ikan bisa tidur dengan mata terbuka

    ReplyDelete
  26. ku kira ikan merem eh ternyata bukkkaaannnnn

    ReplyDelete
  27. hhaahaha... iya ya mata ikan terbuka saat tidur

    ReplyDelete
  28. Waaah kirain ikan itu gak pernah tidur..ternyata tidur jg yaa

    ReplyDelete

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih