Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

3 Syarat Ikan Sebagai Bahan Pangan



3 Syarat Ikan Sebagai Bahan Pangan. Seperti yang kita ketahui bahwa dua per tiga wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Dengan wilayah laut seluas itu, pasti memiliki kekayaan SD ikan yang melimpah. Dan perlu kita ingat, pada dasarnya nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut, bukan yang lainnya. Namun, sector perikanan sendiri kurang dilirik oleh bangsa kita sendiri, sehingga bangsa Indonesia kalah saing dengan Negara-negara kecil lainnya (seperti Jepang) dalam bidang eksport SD Ikan. Manusia sebagai pelaku usaha, sebaiknya bisa memanfaatkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia agar sector perikanan bangsa dapat menjadi lebih pesat.

ikan sebagai bahan pangan

Dalam dunia perikanan, hasil tangkapan telah dikenal manusia untuk dijadikan bahan pangan sejak lama, tidak diketahui sejak kapan tepatnya. Metode pengolahan yang dikenal manusia pertama kali yaitu dengan ‘pengeringan’, lalu dilanjut dengan ditemukannya metode ‘penggaraman’ (sejak 3500-2000 SM) dan ‘pengasapan’ (di zaman Romawi).

Untuk dapat dikonsumsi, ikan harus memili syarat-syarat dalam menjadi bahan pangan. Nah, syarat-syarat ikan sebagai bahan pangan yaitu : 


1. Memiliki nilai gizi yang tinggi.
 

Mengapa ikan memili gizi yang tinggi ? Ikan mempunyai nilai gizi tinggi karena mempunyai senyawa-senyawa yang sangat berguna bagi manusia (protein, lemak, karbohidrat, vitamin, garam dan mineral). Komponen protein pada ikan merupakan komponen terbesar setelah air. sehingga merupakan sumber protein hewani yang sangat potensial. Komponen lemak pada beberapa ikan merupakan sumber lemak yang tinggi.
 


2. Dapat memenuhi selera makan dan memuaskan rasa lapar seseorang.

Mengapa demikian ? Ikan mempunyai : rasa yang khas dan gurih, warna dagingnya kebanyakan putih, jaringan pengikatnya halus, senyawa pemberi aroma, rasa dan citarasa (aldehida, keton, lakton, metil dan dimetil hidroksi furanon, dsb). Selain itu, setiap orang mempunyai jawaban sendiri berkaitan dengan selera dan kepuasan dalam hal makan, tergantung dari umur, pengalaman hidup, situasi dan kondisi.


3. Memiliki sifat sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Tentu saja, secara fitrah kita menginginkan makanan yang kita makan pastilah sesuatu yang sehat dan aman. Karena makanan yang sehat dapat membuat tubu menjadi sehat. Selain itu sebagai umat beragama Islam, kita diwajibkan memasukkan makanan yang halal dalam tubuh kita. Nah, makanan yang dinyatakan halal merupakan makanan yang aman dan sehat.



Sumber : Catatan Kuliah dan Slide PPT dari Dosen.

Postingan terkait:

24 Tanggapan untuk "3 Syarat Ikan Sebagai Bahan Pangan"

  1. haha jadi lapar gan :D
    nice info

    ReplyDelete
  2. waaah besr juga kandungan gizi ikan ya minn,,thankk dahh rajin" mkn ikan ntrr :)
    by Sobat Blogger

    ReplyDelete
  3. Kalau gue mah pake 3H.
    Halal, Haram, Hantam!!!

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen , Enak malam minggu bakar ikan :D

    ReplyDelete
  5. yg penting nggak beracun gan hehe

    ReplyDelete
  6. Ikan nila dan gurame adalah favoritku. Kalau ikan laut, lebih suka tuna.

    ReplyDelete
  7. Paling enak ikan dapt mancing hehe

    ReplyDelete
  8. artikel nya bermanfaat banget min buat kehidupan sehari-hari, thanks ya min

    ReplyDelete
  9. Ikan Nila dan Gurame kesukaan saya pasti kalo ada dua ikan favorit saya, langsung habis sudah haha

    ReplyDelete
  10. Itu berarti ikan yang di tangkap dengan di racun itu aman enggak ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan dikonsumsi gan. Btw ane cewe :-s

      Delete
  11. ikan lele juga lumayan menggiurkan...

    ReplyDelete
  12. betul sekali gan, apalagi jika diolah dan dimasak secara baik dan benar untuk disajikan.. lebih memuaskan untuk dimakan... hehee

    ReplyDelete
  13. kalo ikan matinya di sengat listrik boleh dimakan gak gan

    ReplyDelete
  14. Ikan sangat bagus untuk pertumbahan anak dibawah umur 5 thaun,,ikan adalah bahan penambah gizi dan protein yang bagus untuk tak anak-anak

    ReplyDelete
  15. Untung ane suka ikan, nica share min ;)

    ReplyDelete
  16. Wah yg namanya ikan mmg lezat gan bnyk gizi jg

    ReplyDelete
  17. Kalau masalah gizi untuk perut orang Indonesia sepertinya agak sulit mas, yang penting aman dimakan dan enak. Itu dia!!!

    ReplyDelete
  18. keren gan artikelnya ikan memang Memiliki sifat sehat dan aman untuk dikonsumsi trims udh share

    ReplyDelete
  19. Mantab Gan, ane lebih suka ikan daripada daging, ikan lebih sehat hahaha...

    ReplyDelete
  20. lihat ikan seafood keliatan enak tapi tiap makan ikan laut lidah selalu gatel, alergi ikan laut gan

    ReplyDelete
  21. setuju banget nih... jika ingin menjadikan ikan sebagai bahan pangan maka harus memiliki gizi yang tinggi

    ReplyDelete

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih