Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Kuliah atau Kerja

Kuliah atau Kerja ? Bagi kelas XII yang tahun ini bakal lulus pasti sempat terbesit dipikiranya sebuah pertanyaan. “Mau lanjut kuliah, atau kerja aja ya ?”. Dan saya yakin bagi yang sudah benar-benar lulus, pasti pernah memikirkan pertanyaan ini sebelumnya. Pertanyaan yang kamu tanyakan pada diri kamu sendiri, dan hanya dirimu sendirilah yang bisa menjawabnya.

pilih kuliah atau kerja

1. Kuliah
Menurut saya kuliah adalah suatu jenjang yang dilalui seseorang untuk mengolah cara berpikir mereka untuk menentukan passion yang sebenarnya melalui jalur pendidikan dengan menentukan jurusan. *Sebagian besar* dari siswa kelas XII pastinya ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi, dengan tujuan yang beraneka macam. Ada yang ingin mendapatkan gelar di depan atau belakang namanya, agar mendapatkan prospek kerja yang lebih bagus kedepannya. Ada yang karena gengsi,”temen-temen pada kuliah masak gue enggak”. Ada yang karena tuntutan orangtua, padahal dirinya sendiri tidak menginginkannya. 

Dan perlu diketahui, untuk melanjutkan ke jenjang kuliah membutuhkan suatu niat yang cukup besar. Kenapa ? Karena tes seleksi Perguruan Tinggi itu tidak mudah. Untuk masuk dan dapat diterima menjadi mahasiswa yang sah disana kita harus benar-benar mempersiapkan diri. Benar-benar berusaha untuk bisa mendapatkan kursi disana. Dengan persaingan nasional inilah, yang membuat factor niat sangat berpengaruh. 

Terus kalau udah bener-bener niat tapi gaada biaya gimana ?
Pada dasarnya memang kuliah membutuhkan dana yang cukup besar, terutama pada fakultas tertetu seperti kedokteran. Akan tetapi kita tidak perlu risau, karena dalam dunia perkuliahan ada banyak banget beasiswa yang bisa kita dapatkan. Seperti bidikmisi misalnya, dalam bidikmisi ini mahasiswa hanya diwajibkan membayar ukt pada golongan terendah, selain itu juga mendapatkan uang saku dari pemerintah. Gimana, enak kan ? So, gausah bingungin tentang biaya deh. Kita harus bisa memutar otak dan memanfaatkan peluang yang ada.

Bagaimana jika ingin kuliah namun orangtua tidak mengizinkan ?
Sangat disayangkan apabila seorang anak yang memiliki kemampuan yang baik dan sangat berminat untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, namun tidak mendapatkan restu dari orangtuanya. Pada zaman seperti ini masih banyak pula orangtua yang beranggpan bahwa kuliah bukanlah hal yang penting, hanya menghabiskan uang saja. “Toh banyak kan orang yang tidak kuliah tapi berhasil jadi orang sukses ?” Iyaa, memang benar. Tapi, jauh lebih banyak orang yang sukses dengan latar belakang pendidikan tinggi, namun mereka tidak terkekspose oleh media.
Nah, ketika menghadapi situasi seperti ini, seorang anak sebaiknya memberikan pengertian kepada orangtuanya. Berbicara dengan orangtua secara langsung dan mengutarakan keinginannya itu, serta mengatakan alasan yang jelas mengapa ia ingin kuliah. Dengan begitu, insyaallah hati orangtua akan luluh.

2. Kerja
Menurut Wikipedia kerja atau pekerjaan secara umum didefinisikan sebagi sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Tak sedikit pula calon lulusan SMA yang akan mengambil jalur ini setelah lulus nanti, dengan alasan yang beraneka macam pula. Biasanya golongan ini banyak diisi oleh anak SMK (yang sudah benar-benar dilatih untuk menghadapi dunia kerja), tapi tak jarang pula anak SMA atau MA yang yang ingin mengabil jalur ini. 

Yang harus diingat sebelum mengambil jalan ini yaitu..
Pada tahun 2016 telah diberlakukan MEA. Iya, seperti yang sering kita dengar, Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan diberlakukannya MEA mulai tahun ini maka persaingan usaha pastinya akan semakin sengit. Dan pertanyaanya adalah apakah lulusan SMA/sederajat sebagai pelaku usaha sudah siap dalam menghadapi persaingan ketat ini ? Menurut wikipedia, dalam menghadapi persaingan MEA, negara-negara ASEAN haruslah mempersiapkan diri dengan SDM yang terampir, cerdas dan kognitif. Oleh karena itu, ketika benar-benar berrniat untuk bekerja setelah lulus kita harus bisa memiliki tiga aspek diatas agar tidak kalah saing. 

**

Pada dasarnya hidup adalah pilihan, dan sebagai manusia kita mendapatkan hak untuk memilih kedepannya ingin berjalan kemana. Seperti antara kuliah atau kerja, dua hal yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama bertujuan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. 

Lalu, Bagaimana jika memilih keduanya (kuliah dan kerja dalam satu waktu) ?
Saya juga pernah berpikiran demikian sebelum lulus SMA pada tahun 2015 lalu. Saya pikir akan sangat menyenangkan bisa mengkombinasikan keduanya dalam satu waktu. Saya bisa mengembangkan pikiran saya dalam dunia perkuliahan dan dapat mengembangkan diri serta mendapat penghasilan dalam dunia kerja. Namun kenyataannya sulit untuk dijalankan. Ketika masa aktif kuliah, saya disibukkan dengan berbagai macam tugas dan laporan yang benar-benar menyisa waktu saya. Terkadang waktu libur saya (seperti hari Minggu dan ketika tidak ada jadwal kuliah) bisa saya habiskan hanya untuk mengerjakan laporan atau bertemu asisten dosen untuk revisi laporan yang saya buat. Saya sebagai anak saintek merasa benar-benar kewalahan.

Mungkin banyak yang bernasib seperti saya. Awalnya pengen kuliah sambil kerja, eh waktunya malah habis sendiri buat garap tugas. Jika berada dalam posisi seperi ini dan kita tetap ingin memperoleh penghasilan sehari-hari, salah satu solusinya adalah dengan enterpreneur. Kita bisa belajar usaha disini dengan menjual gorengan atau es lilin di kampus atau dengan hal lainnya. Malahan kita tidak perlu menunggu waktu gajian untuk bisa mendapatkan uang kan ?

Well, tidak salah bagi kita unuk memilih salah satu antara kuliah atau bekerja, atau mungkin keduanya. It’s okay, yang terpenting disini adalah niat dari dalam diri. Jika kita sudah benar-benar berniat untuk melakukan sesuatu pasti semuanya akan terasa menyenangkan. 


Postingan terkait:

37 Tanggapan untuk "Kuliah atau Kerja "

  1. ada waktunya buat kuliah dan ada saatnya buat kerja gan :)

    ReplyDelete
  2. Alangkah bagusnya kalau bisa kuliah sambil kerja (sesuai hobi).

    ReplyDelete
  3. kayaknya bagusan kuliah dulu gan habis itu kerja hehheeeee sesuai keinginan agan

    ReplyDelete
  4. ya kalo bisa d kerjakan dua2nya juga bisa gan bua nambah penghasil uang sambil kuliah

    ReplyDelete
  5. Iya nih rada bingung juga mau lanjut kerja / atau belajar dulu he he

    ReplyDelete
  6. kalau saya langsung kerja buka usaha kecil kecilan

    ReplyDelete
  7. kalau saya mendingan nyari ilmu dulu yang banyak

    ReplyDelete
  8. ane karena tuntutan orang tua gan.. :/

    ReplyDelete
  9. mending kuliahnya sambil kerja partime

    ReplyDelete
  10. kerja dan nyari ilmu sama penting lah , walaupun gak harus pendidikan yang formal

    htttp://info99.gq

    ReplyDelete
  11. kuliah gan, kerja bisa dilakuin tiap hari tp kuliah nggak

    ReplyDelete
  12. Keduanya bisa jalan kok...
    Tinggal belajar memaintain waktu saja...

    Mampir ya ke
    Www.elmu.web.id
    Ada banyak informasi mengenai cara menghasilkan dari blog

    ReplyDelete
  13. kuliah aja ..Jaman sekarang kalau cuman ngandalain ijazah sma sulit dapat kerja ..kecuali usaha sendiri

    ReplyDelete
  14. kuliah sambil kerja, atau kerja dulu baru kuliah, aq jg gitu, kalo kita ada niat pasti ada jalan...

    ReplyDelete
  15. wih artikel ini membuat mata saya gan,
    optimis buat pilihan yg akan di pilih :D

    ReplyDelete
  16. kuliah sambil kerja klo bisa haha :D

    ReplyDelete
  17. Kuliah sambil kerja sih enak gan, tapi perlu tenaga lebih :D apalagi klo kuliahnya berat..

    ReplyDelete
  18. aku sementara sekarang pilih kuliah duluu

    ReplyDelete
  19. kalau aku niatnya mau kuliyah gan tapi bingun mau ngambil jurusana apa

    ReplyDelete
  20. why not a both take 2 kuliah dan kerja kwkwkw

    ReplyDelete
  21. Ikutin kata hati, minta pendapat yg lebih dewasa, hal yang terpenting adalah asah ketrampilan dngan benar2 supaya jadi profesional dalam 1 bidang

    ReplyDelete
  22. Kuliah sambil kerja..itu pilihan yg bagus menurutku

    ReplyDelete
  23. Jelas dong pilih kerja, walaupun kena marah yang penting gak punyeng upacara sama ngitung MTK...bener ngak??

    ReplyDelete
  24. kuliah atau kerja dulu terserah gan, yang penting bisa fokus itu lebih baik

    ReplyDelete
  25. 2-2nya deh wkwkwkwk :D soalnya biar bisa biayai kuliah sendiri

    ReplyDelete
  26. Keduanya sama penting gan, atau keduanya juga boleh

    ReplyDelete
  27. Ane lebih milih kuliah kalo masih ada biaya, kuliah saya utamakan jika ada biaya, namun utk yang kesulitan biaya bisa juga kuliah sambil kerja. Pendidikan nomor satu :)

    ReplyDelete
  28. Ane lebih milih kerja bro, udah capek sama sekolah lagi haha

    ReplyDelete
  29. siip bagus infonya gan..
    kalo menurut saya pilih kerja dan kuliah gan jadi keduanya bisa di jalankan, kuliah bisa megambil kelas karyawan..hhe

    ReplyDelete
  30. klau ane lulus smk mau kulia gan tapi kg ada dana

    ReplyDelete
  31. Bagusnya sih kuliah sambil kerja..
    Tapi kalo ane SMK sih, jadi kerja aja deh..

    ReplyDelete
  32. Bagusnya sih kuliah sambil kerja..
    Tapi kalo ane SMK sih, jadi kerja aja deh..

    ReplyDelete
  33. bingung jga yaa, itu yang saya alami :D

    ReplyDelete
  34. kalau ane lebih pilih kerja gan biar bisa bahagiain orang tua hehe

    ReplyDelete
  35. Saya selalu berfikir lulus di waktu yg tpat (klo kerjaan udah mnunggu pas slesai wisuda) daripada lulus tepat waktu (yg katanya 4 tahun adalah tpat waktu). Kuliah sambil kerja juga boleh.

    ReplyDelete
  36. menurut ku bagusan kuliah dulu kalo ada uang gan

    ReplyDelete

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih