Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Pengertian Nelayan

Pengertian nelayan ? Kalau bicara tentang pengertian pasti gaada habisnya. Berbagai macam sumber memaparkan secara rinci atau ringkas terhadap objek yasng akan dipaparkan. Nah, disini akan saya berikan sedikit referensi tentang definisi dari nelayan itu sendiri. So, pengertian nelayan adalah ...

Cekidottt!!!

Pengertian Nelayan menurut Wikipedia "Nelayan adalah istilah bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau hewan laut lainnya yang hidup di dasar, maupun permukaan perairan". 
Pengertian Nelayan menurut UU No 45 tahun 2009 "Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan".
Pengertian Nelayan menurut Standar Statistik Perikanan "Nelayan adalah orang yang secara aktif melakukan pekerjaan dalam operasi penangkapan atau budidaya binatang atau tanaman air".
 Pekerjaan aktif tersebut dapat meliputi : 

  1. Orang yang melakukan pekerjaan seperti membuat jaring, alat-alat atau perlengkapan penangkapan ikan. Tapi, orang yang mengangkut ikan tidak disebut nelayan. 
  2. Ahli listrik, ahli mesin, ahli masak, dan orang yang ahli dalam bidang lain yang bekerja diatas kapal penangkapan termasuk sebagai nelayan.

pengertian nelayan


Klasifikasi Nelayan
  • Nelayan Penuh
Nelayan Penuh yaitu nelayan yang seluruh waktu kerjanya digunakan untuk melakukan pekerjaan operasi penangkapan. Lebih singkatnya gini, pekerjaan atau profesinya sebagai nelayan. So, dapat disimpulkan bahwa orang tersebut tidak memiliki profesi atau pekerjaan lain selain sebagai nelayan. 
  • Nelayan Sambilan Utama
Nelayan Sambilan Utama yaitu nelayan yang sebagian besar waktunya digunakan untuk melakukan pekerjaan operasi penangkapan. Disamping penangkapan sebagai pekerjaan utamanya, nelayan ini dapat pula mempunyai pekerjaan lain. Jadi, profesi utamanya yaitu sebagai nelayan akan tetapi memiliki pekerjaan sampingan sebagai tambahan penghasilan

  • Nelayan Sambilan Tambahan
Nelayan Sambilan Tambahan yaitu nelayan yang sebagian kecil waktunya digunakan untuk melakukan pekerjaan operasi penangkapan ikan. Kalau yang tipe ini, profesi nelayan hanya sebagai tambahan penghasilan semata karena doi telah memiliki profesi lain (selain nelayan).


So, perbedaan antara nelayan sambilan utama dan nelayan sambilan tambahan terletak pada penggunaan waktu kerjanya dalam bidang penangkapan, dibandingkan dengan seluruh waktu kerjanya.



Than, mungkin itu saja yang bisa ane share di ponstingan kali ini. Mohon maaf bila kurang lengkap. Jangan kupa ketik kritik n sarannya di kolom komentar dan share bila bermanfaat. Thanks ...

Sumber : Catatan Kuliah dan Slide PPT dari Dosen

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Pengertian Nelayan "

  1. wahh, ternyata nelayan itu banyak macam macamnya ya

    pengen tahu keunikan keunikan disekitar kita
    hanya di www.ssk-unik.com

    ReplyDelete
  2. nice gan.. aku juga hidup di daerah nlayan.. :D
    mantap post nya gan.. salam knal

    ReplyDelete
  3. Ane kira nelayan itu ga ada jenis jenis nya,ternyata banyak ya wkwk

    ReplyDelete
  4. Ane sih taunya nelayan itu ya yang ngambil ikan doang :D

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu kalau ternyata orang yang bekerja di atas kapal dan membuat alat-alat menangkap ikan termasuk nelayan juga.

    ReplyDelete
  6. Setau saya sih nelayan itu yang hidup bergantung pada pencarian ikan di laut atau pantai.. bener ngk sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bicara ttg definisi itu juga bener gan. Nah, disini saya bahas definisi tsb lebih dalem sesuai dengan ilmu perikanan :)

      Delete
  7. asikk nih kayaknya jadi nelayan, sahabat ikan bangett wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata ada teknisi nelayan jga :D

    ReplyDelete

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih