Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Jurusan Perikanan

Jurusan Perikanan. Untuk posting kali ini ane bakal ngebahas satu rumpun jurusan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan, atau untuk beberapa Universitas jurusan ini masih tergabung dengan Fakultas Peternakan dan Pertanian. Okeyy, ane sendiri merupakan mahasiswa Prodi Pemanfaatan SD Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) di Universitas Diponegoro angkatan 2015.

Sebelumnya, ane ingin ngucapin SELAMAT HARI NELAYAN NASIONAL yang jatuh pada tanggal 6 April 2016 lalu. Sunggguh besar jasa para nelayan kita, baik yang tradisional maupun nelayan modern. FYI, Negara tercinta kita (Indonesia) berhasil masuk dalam 5 negara penghasil ikan terbanyak. (sumber : FAO (Food Agricultural Organization) Sayangnya, seiring bertambahnya tahun jumlah nelayan tradisional semakin berkurang. Yang mungkin terjadi karena factor penghasilan yang minim, sehingga banyak dari mereka yang beralih untuk beralih ke profesi yang lebih menjanjikan. Hmm… sayang sekaliii yaa.. Lautnya luas, tenaganya minim. 
meme perikanan

Jurusan Perikanan. Hmm.. banyak yang memandang sebelah mata akan jurusan ini. Ane mengakui itu, karena udah ngerasain pedesnya omongan orang waktu mereka tahu ane kuliah di jurusan perikanan. “Ngapain sih belajar ilmu perikanan ? Mau jadi nelayan ? Wong yang nggak kuliah di jurusan perikanan aja bisa sukses budidaya ikan lele”. But, nggak semua orang memiliki pikiran yang sama. Nggak semua orang nganggep jurusan perikanan itu ******* (isi sendiri aja dah, ane bingung mau ngetik apa ). Beberapa orang menganggap jurusan ini baik, mereka memberikan respon positif bahkan memberikan pujian. Meskipun hanya segelintir orang, tapi hal ini cukup memberikan semangat kepada ane. Kenapa begitu ? Karena menurut pengalaman pribadi, orang yang memberikan respons positive ini merupakan orang terpelajar. Mereka melihat dari sudut pandang yang lain dari masyarakat pada umumnya. Mereka melihat potensi terselubung dalam mahasiswa jurusan perikanan. 

Nah pada jurusan Perikanan pada umumnya terdiri dari 4 prodi (Program Studi) alias kosentrasi mata kuliah, yaitu :

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) 
Banyak orang yang salah menilai prodi ini, bahkan beberapa salah memilih karena hanya mengetahui prodi ini dari sisi penamaannya. Dikira manfaatin ikan menjadi suatu produk perikanan eh ternyata konsentrasinya pada bidang lain. Yah, disebut PSP tapi prodi ini lebih berkonsentrasi pada bidang penangkapan. Dibeberapa universitas seperti prodi ini disebut Manajemen Perikanan Tangkap. 

Budidaya Perairan (BDP)
Disemua universitas namanya sama , so nggak akan ada yang salah milih. Prodi ini berkonsentrasi pada budidaya, bukan cuma budidaya ikan tapi juga tentang perairan. Seperti namanya, prodi ini mempelajari tetang teknik budidaya air tawar maupun air asin, budidaya rumput laut, udang-udangan dan lain sebagainya, serta tentang perairan laut, tawar, payau, dll.

Manajemen Sumberdaya Perikanan (MSP)
Program studi ini mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sumberdaya yang terdapat di lingkungan perairan. Seperti prinsip-prinsip manajemen penangkapan di laut secara optimal, kesejahteraan masyarakat pesisir, dll. 

Teknologi Hasi Perikanan (THP)
Nah, kalau yang ini mempelajari tentang teknik dan cara-cara pengolahan hasil tangkapan dari anak PSP ataupun budidaya dari anak BDP untuk diolah menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis tinggi. 

Indonesa memiliki kekayaan laut yang melimpah. Namun kurang tenaga ahli yang mampu untuk memanfaatkannya secara optimal. Nah, disini tentunya membuka peluang yang besar bagi para mahasiswa jurusan perikanan yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Sudah seharusnya kita bangga menjadi genereasi kampus biru (FPIK identik dengan warna biru) Kenapa harus bangga ? Karena dimasa yang akan datang, tangan-tangan kitalah yang bakal ngurus laut Indonesia yang luas banget ini, membawa Indonesia menuju poros maritime dunia. 

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Jurusan Perikanan "

  1. baru tau ane ada jurusan perikanan

    ReplyDelete
  2. Yg belum ada itu Fakultas Perikiri. Haha

    ReplyDelete
  3. peliharalah lele aja mba.. lebih cepet hidup ga perlu neko-neko makannya.. hahha

    ReplyDelete
  4. temen ane ada yang jurusan ituu gan wkwk

    ReplyDelete
  5. Kurang minat, btw bermanfaat gan :d

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu mas ada jurusan perikanan..

    ReplyDelete
  7. jurusan mencintai sesorang ada :D

    ReplyDelete
  8. menarik juga yah gan. , ternyata ada jurusan perikanan.

    ReplyDelete

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih