Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Modal untuk Memajukan Peternakan Indonesia



Modal untuk memajukan peternakan Indonesia. Kalau biasanya dalam blog ini saya membahas suatu hal yang berkaitan dengan perikanan, nah kali ini saya akan mencoba membahas sedikit tentang peterkanan.Okee.. langsung aja ..

Di era sekarang ini, sudah sangat banyak universitas-universitas yang tersebar di Indonesia yang telah memiliki pilihan jurusan pada bidang peterkanan dan perikanan. Menurut saya, antara ilmu peternakan dan ilmu perikanan  tidak jauh berbeda. Kenapa ? Alasan pertama karena kedua ilmu tersebut merupakan ilmu terapan dari mata pelajaran sains yang kita dapatkan dari bangku SD sampai SMA atau sederajat. Selain itu, didalam mempelajari keduanya kita mengenal penggolongan  berdasarkan ciri morfologis atau biasa disebut taksonomi. Yang dimana tujuan dari taksonomi atau klasifikasi tersebut bertujuan untuk mengetahui nama ilmiah yang benar sesuai dengan ciri morfologis.

Pada dasarnya kegiatan beternak (untuk ternak hewan darat) dan budidaya (untuk ternak hewan air) tidak jauh berbeda. Keduanya membutuhkan modal awal yang cukup untuk membangun bidang usaha. Seperti lahan untuk pembuatan kandang, suplai makanan, vaksin, dan lain-lain. Namun, modal berupa materi atau uang bukanlah faktor utama dalam kesuksesan bidang ternak yang digeluti. Modal yang harus dimiliki sebelum memulai usaha ternak hewan adalah ilmu. Sebelum memulai untuk melangkahkan kaki dalam  memulai usaha ternak, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui sedikit pengetahuan tentang berternak pada bidang yang akan digeluti. Contohnya, ketika seseorang akan memulai usaha beternak ayam pedaging, sebaiknya dia mengentahui segala sesuatu yang berkaitan tentang ayam pedaging itu sendiri. Seperti jangka waktu pemberian pakan yang baik, dan kondisi kandang misalnya. Sehingga dengan begitu dapat menekan mortalitas atau kematian pada hewan ternak, serta dapat menekan biaya produksi melalui pemberian pakan yang optimal.

Dasar dari kesuksesan beternak yang menjadi modal paling utama adalah pengetahuan. Sebagian besar pelaku usaha gagal dalam usaha ternaknya akibat kurangnya ilmu pengetahuan mengenai hewan ternak yang dipergunakan untuk usaha. Seseorang tidak harus duduk di bangku kuliah untuk mendapat ilmu tentang peternakan, karena ilmu yang dibutuhkan itu sendiri semua sudah tersedia di sekitar kita. Tergantung bagaimana seseorang mau menggalinya atau tidak. Nah, sebelum memulai usaha beternak, seorang peternak harus dapat :

  1. Menyediakan bibit berkualiatas unggul, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Memiliki kandang atau tempat untuk beternak, agar tidak mengganggu masyarakat dan meminimalisir terjangkitnya penyakit dan kematian akibat predator lain.
  3. Mengetahui tingkah laku hewan, sehingga apabila hewan ternak terjangkit penyakit dapat diatasi sejak dini.
  4. Pemberian pakan yang sesuai dengan proporsi.

Hal-hal seperti diatas merupakan ilmu-ilmu dasar yang menjadi modal awal untuk kesuksesan dalam usaha ternak. Ilmu-ilmu dasar seperti itu wajib hukumnya untuk diketahui sebagai calon pelaku usaha di bidang peternakan. Hal-hal semacam itu sudah banyak tersebar dilingkungan kita. Melalui buku yang membahas tentang salah satu bidang ternak. Bukan hanya itu, melalui media online pun sudah banyak tersebar. Sudah sangat banyak website atau blog personal yang membahas tentang tata cara beternak. Seperti contohnya pada ilmuhewan.com. Merupakan suatu situs yang didalamnya membahas tentang tata cara beternak atau budidaya ikan yang baik. Dari website itu kita dapat belajar untuk sekedar menambah ilmu pengetahuan atau pun untuk mengaplikasikannya di bidang usaha ternak yang dimiliki. Didalam website ini terdapat banyak tips dan panduan dalam bidang peternakan dan perikanan, yang pastinya sangat bermanfaat untuk dipelajari.

Modal untuk memajukan peternakan indonesia
Seperi yang kita ketahui Indonesia mempunyai lahan yang luas, terbukti dengan banyaknya pulau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, ditambah dengan lautan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Kedua hal itu sudah cukup menjadi modal awal untuk kemajuan bidang peternakan dan perikanan di Indonesia. Yang selanjutkan dibutuhkan adalah faktor SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, mari kita belajar menjadi manusia yang berkualitas untuk kemajuan negara tercinta. See you..

Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "Modal untuk Memajukan Peternakan Indonesia"

  1. Sekaranga untuk mencari lahan peternakan susah. Apalagi di daerah perkotaan. Padahal peternakan menjanjikan untung yang besar

    ReplyDelete
  2. peternakan itu usaha yg menjanjikan... cuma nyari lahannya yg susah klo dikota kata jakarta

    ReplyDelete
  3. lumayan dapet pembelajaran bertenak hehehe :3
    mungkin suatu saat akan berguna nih
    thanks yah min :-)

    ReplyDelete
  4. thanks gan.. dpt ilmu ternak buat bekal ternak ayamku

    ReplyDelete
  5. wah, keren nih...indonesia emang perlu memajukan dari peternakan dan pertanian. jangan industri melulu
    jiwa kita bukan jiwa industrial

    ReplyDelete
  6. Iya, peternakan dan perikanan di Indonesia juga harus maju, jangan janji2 [-(

    ReplyDelete
  7. Peternakan adalah mata pencarian yang perlu di perhatikan oleh pemerintah

    ReplyDelete
  8. ini baru artikel .. isinya tentang gimana indonesia bisa maju di sisi peternakan karena memang banyak peluang di bidang itu .. keren sob

    ReplyDelete
  9. emang ini usaha yang paling bagus bagi pengusaha muda gan, gak ribet deh pokoknya, nice infoo (h)

    ReplyDelete
  10. Perikanan dan perternakan di indonesia harus maju dan berkembang

    ReplyDelete
  11. kebetulan lagi ternak ayam dan bebek, thanks infonya :)

    ReplyDelete
  12. bibit memang diutamakan. kalau bisa bahas lagi kak bagaimana mencari bibit yang unggul agar saudara kita lebih mengerti :D

    ReplyDelete
  13. Yang susah sekarang daerah atau lahan yang kurang memadai, khususnya buat nyari pakan

    ReplyDelete
  14. lumayan nih tambahan ilmu. mana tau nanti bisa mencoba buka peternakan.

    ReplyDelete
  15. sebenarnya ada yang kurang, lihat situasi lingkungan ga ada , jika kita di tempat rami sebaiknya hindari yang namanya berternak yg dapat menghasilkan bau yg menyengat, dalam bisnis peternakan hal itu jarang di pertimbangkan dan tidak sedikit yang mengalami kerugian, bayangin aja orang satu kampung mendo'akn peternakan kalian tutup

    ReplyDelete
  16. Bagus sekali artikelnya tentang ilmu hewan ane, ada sih cita-cita beternak tpi masih kuliah, nanti saja tunggu udah ada kerja dan dijadikan kerjaan sampingan :) sukses ya

    ReplyDelete
  17. saya rasa semua sudah benar,hanya masalah nya untuk saat ini mungkin terkendala lahan yang kian hari kian menyempit.

    ReplyDelete
  18. Kalo mau belajar ternak. Kunjungin aja blog ini! Rekomendasi banget nih artikelnya.

    ReplyDelete

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih