Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Alat Pernafasan pada Ikan

Alat Pernapasan pada Ikan.
insang

Insang : berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Bagian terluar dari insang berhubungan dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapiler-kapiler darah. Tiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen,dan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela). Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler sehingga memungkinkan oksigen berdifusi masuk dan karbondioksida berdifusi keluar. Insang pada ikan bertulang sejati ditutupi oleh tutup insang yang disebut operkulum,sedangkan insang pada ikan bertulang rawan tidak ditutupi oleh operkulum. Insang juga berfungsi sebagai alat ekskresi garam-garam, penyaring makanan, alat pertukaran ion, dan osmoregulator.

Beberapa jenis ikan mempunyai labirin yang merupakan perluasan ke atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur. Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan oksigen sehingga ikan tahan pada kondisi yang kekurangan oksigen. Contoh : ikan gabus dan ikan lele. Untuk menyimpan cadangan oksigen, selain dengan labirin, ikan mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.

Mekanisme pernapasan pada ikan melalui 2 tahap, yakni inspirasi dan ekspirasi. Pada fase inspirasi, oksigen dari air masuk ke dalam insang kemudian oksigen diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan-jaringan yang membutuhkan. Sebaliknya pada fase ekspirasi, karbondioksida yang dibawa oleh darah dari jaringan akan bermuara ke insang dan dari insang diekskresikan keluar tubuh. 

Pertukaran antara oksigen yang masuk ke dalam darah (diikat oleh hemoglobin) dengan karbondioksida yang keluar dari darah terjadi dengan cara difusi pada pembuluh darah dalam insang.  Peredaran darah dalam insang merupakan pertemuan antara pembuluh darah yang berasal dari jantung yang masih banyak mengandung karbondioksida dengan pembuluh darah yang akan meninggalkan filamen insang yang kaya dengan oksigen. Tiap-tiap filamen insang terdiri dari banyak bagian yang disebut lamella (tempat terjadinya pertukaran gas). Pinggiran lamella yang tidak menempel pada lengkung insang sangat tipis, ditutupi oleh ephitelium dan mengandung jaringan pembuluh darah kapiler. 

Pengambilan oksigen dari air: 
1.   Pembagian filamen insang menjadi lamella
2.   Pengaturan arah aliran darah dan air.
Sistem arah berlawanan; air mengalir dalam mulut menuju ke sisi insang dan darah dalam lamella mengalir dengan arah sebaliknya. Dengan demikian ada kesempatan bagi oksigen masuk dan karbondioksida meninggalkan darah.

Insang & Mekanisme pernafasan 
Golongan ikan bertulang sejati mempunyai satu celah insang yang masing-masing terletak pada tiap sisi kepala di bawah keping tutup insang (operkulum) yang teridiri dari beberapa keping tulang tengkorak. Jumlah lengkung insang ada 5 pasang, tetapi hanya empat yang berfilamen insang. Pada beberapa ikan lengkung insang ke5 berubah jadi gigi pharyngeal yang digunakan untuk menggerus makanan. Lengkung insang bagian atas menempel pada cranium dan bagian bawah menempel pada dasar lidah.

Pada golongan actinopterygii, di bagian dalam insangnya terdapat pseudobranchial yang banyak mengandung pembuluh darah. Pesudobranchial berperan dalam pertukaran gas yang ada dalam darah.  Ikan-ikan famili Anguilidae, Mormyridae, Siluridae dan Notopteridae tidak memiliki pseudobranchial. 

Mekanisme pernafasan Osteichtyes (ikan bertuang sejati)
Awal inspirasi (tepat sesudah tutup insang menutup rapat) mulut dibuka (beberapa otot berkontraksi termasuk otot sternohyoid dan otot penarik lengkung insang). Pada saat yang sama jari jari  branchiostegal mengembang ke bawah dan rongga mulut maluas mengakibatkan tekanan air di dalam berkurang. Air di dorong masuk mulut dan sesaat ruang antara insang dan operkulum meluas ketika penutup insang tertarik ke depan, sedangkan celah insang masih tertutup karena tekanan air dari luar tubuh. Karena pada rongga insang juga terjadi kekurangan tekanan, maka air mengalir melalui insang. Kemudian mulut mengatup untuk mencegah air keluar melalui mulut dan mulailah rongga mulut berfungsi sebagai pompa penekan. Lubang insang masih tertutup, air berkumpul di luar insang. Akhirnya celah insang terbuka dan air ditekan keluar 

Adaptasi Pernapasan Ikan
ikan pengisap udara (air breathing fish) : ikan yang bernafas secara langsung menggunakan udara sebagai sumber oksigen.  Organ Arborescent , yang berasal dari insang ke 2 &  ke 4  di bagian atas lengkung insang ke dua dan ke tiga. Contoh :   Lele (Clarias batrachus).

Kulit sebagai alat pernafasan tambahan : bagian dalam dinding penutup insang yang berlipat-lipat banyak ditemukan pembuluh darah. Contoh : Glodok (Periophthalmus dan Boleophthalmus) 

Tambakan (Helostoma teminckii), memiliki labirin (rawan yang berlipat-lipat seperti bunga mawar yang mengandung epitelium pernafasan). Labirin merupakan derivat lengkung insang pertama .

Famili Loricariidae dan Cobitidae; alat pernafasan tambahannya berupa saluran intestinal yang dimodifikasi menjadi dinding tipis dan dilengkapi dengan pembuluh darah.

Gelembung gas (Vesica Natatoria) & Paru-paru Ikan
Gelembung gas hanya dimiliki Osteichtyes (ikan bertulang sejati) dan tidak terdapat pada Chondrictyes (ikan bertulang rawan) dan Cyclostomata (hewan bermulut lingkar). Terletak di atas atau disamping saluran  pencernaan makanan. Fungsi: alat hidostatik, pernafasan tambahan dan pembuat bunyi.

Pada golongan ikan Physostomi, gelembung gasnya dihubungkan dengan saluran pencernaan makanan oleh suatu saluran yang disebut ductus pneumaticus. Pada golongan physoclisti yang tidak mempunyai ductus pneumaticus, pemasukan dan pengeluaran dilakukan oleh kelenjar gas dan rete mirable. 

Paru-paru ikan merupakan derivat dari gelembung gas. Pada Australian Lungfish (Neoceratodus), paru-parunya terletak di sebelah dorsal saluran pencernaan makanan tetapi ductus pneumaticus-nya terbuka ke arah gabian ventral dinding lambung.

Sumber : PPT dari Dr. Bambang Sulardiono, M.Si 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Alat Pernafasan pada Ikan "

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih