Selamat Datang!!!! Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Setelah Membaca Posting

Relief Dasar Laut




Pengertian relief adalah bentuk kekasaran permukaan bumi, baik berupa tonjolan, dataran, atau cekungan yang terjadi karena adanya pengaruh tenaga-tenaga pembentuk muka bumi, baik tenaga endogen maupun tenaga eksogen.


Definisi relief dasar laut adalah perbedaan tinggi dan rendah permukaan laut. Relief dasar laut merupakan bentuk kekasaran permukaan bumi, baik berupa tonjolan atau cekungan yang terdapat di wilayah dasar laut.
pengertian relief dasar laut
 Bagian-bagian Relief Dasar Laut 
  • Landasan Kontinen (Continental Shelf). 
Landasan Kontinen adalah wilayah dasar laut yang dangkal di sepanjang pantai dengan kedalaman kurang dari 200 meter, dan menjadi bagian dari daratan.  Contohnya Landas Kontinental Benua Eropa Barat sepanjang 250 km kea rah barat. Dangkalan sahul yang merupakan bagian dari benua Australia dan Pulau Irian, Landas kontinen dari Siberia kea rah laut Arktik sejauh 100 km, dan Dangkalan Sunda yang merupakan bagian dari Benua Asia yang terletak antara Pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.
  • Lereng benua (Continental Slope )
Merupakan kelanjutan dari continental shelf. Daerah continental slope bisa mencapai kedalaman lebih dari 200 meter menukik hingga sekitar kedalaman 1000 m. Lebar dari lereng ini mencapai 100 km. Dengan sudut kemiringan biasanya tidak lebih dari 5 derajat. Karakteristik dasarnya merupakan akumulasi sedimen hasil erosi dari benua.


  • Tanjakan Kontinental

Daerah ini adalah transisi antara benua dengan samudra, mempunyai kemiringan 1:50 sampai 1:800 dengan rata-rata 1:150. Tanjakan continental merupakan tempat pengumpulan sedimen yang berasal dari benua.
  • Continental Rise
Continental Rise adalah dasar laut dengan sudut kemiringan landai sekitar 0.1% dan merupakan bagian batas benua yang sesungguhnya yang langsung berbatasan dengan dasar samudera. Continental rise memiliki lebar hingga ratusan kilometer dari dasar slope hingga ke dataran abisal. Relief continental rise umumnya kurang dari 20 m kecuali di sekitar gunung laut. Continental rise tersusun dari sedimen yang diturunkan dari benua dan batas yang bersebelahan. Arus membawa sedimenmenuruni slope dan menumpuk di dasarnya. Lebar continental rise dapat hanya beberapa kilometer hingga ratusan kilometer.
  • Abyssal Plains (Dataran Abisal)
Dataran abisal (Bassin Floor) adalah dasar laut yang luas setelah tebing benua, dan mengarah ke laut lepas. Dataran abisal merupakan bagian dari paparan benua. Dataran abisal merupakan kenampakan topografi yang sangat datar, dan kemungkinan kawasan ini merupakan tempat yang paling datar pada permukaan bumi. Topografi yang datar ini kadang-kadang di selingi dengan puncak-puncak gunung bawah laut yang tertimbun.

  • Ngarai Bawah Laut (Submarine Canyon)

Submarine canyon berbentuk seperti lembah yang memotong lereng benua (continental slope) dan membentang pada bagian landasan benua (continental shelf) dan continental rise. Lembah dari submarine canyon biasanya berbentuk V, dengan sisi lembah curam. Jalur dari lembah submarine canyon mungkin bisa lurus atau mungkin juga berliku-liku. Submarine canyon adalah jalur utama dari sedimen untuk dibawa atau mengalami transportasi dari benua ke lingkungan laut dalam. Submarine canyon biasanya terdapat 2 km dibawah permukaan laut. Ekstensi lembah relatif lurus, menebang sekitar 200 meter ke landas kontinen, dan melebar dari sekitar tiga kilometer di garis pantai sekitar 15 mil ke arah laut yang akhir.
  
definisi relief dasar laut

Macam-macam Relief Dasar Laut
  • Palung (trench) adalah bentukan dasar samudra yang bentuknya menyerupai parit memanjang dan sangat dalam. Palung Mariana atau Marianas Trench adalah titik terdalam di lautan bumi. Dalamnya mencapai 10.924 meter dibawah permukaan laut.
  • Gunung Laut (Sea Mount) adalah sebuah gunung yang kaki gunungnya terdapat di dasar laut. Umumnya ditmukan terbentuk dari proses pembentukan gunung berapi dan muncul pada kedalaman mulai 1000-4000 meter dari kedalaman dasar laut.
  • Pematang Tengah Samudra (Mid Oceanic Ridge) adalah jalur pegunungan yang bentuknya memanjang di sepanjang zone pemisah dua buah lempeng samudra atau zone divergensi.
  • Guyot adalah gunung laut yang puncaknya datar.  
  • Ambang adalah relief dasar laut yang berupa pegunungan (bukit) yang memisahkan dua wilayah laut dangkal. Lubuk laut adalah bentukan dasar samudra berupa cekungan yang relative hampur bulat, yang terjadi akibat pemerosotan muka bumi arena adanya tenaga endogen.
  • Submarine Canyon adalah alur-alur ngarai yang terletak di kawasan paparan benua, yang dahulunya diperkirakan merupakan lembah sungai. Contoh submarine canyon terdapat di Laut Jawa yang dhulunya merupakan wilayah paparan sunda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Relief Dasar Laut"

Post a Comment

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan
2. Spamming
3. Link aktif atau sejenisnya
Terimakasih